Warna adalah salah satu lambang non verbal yang memiliki peran penting dalam iklan. Makna dari warna warna adalah :
- Merah memiliki arti power, energi, dinamis dan menimbulkan rangsangan. Warna dominana merah dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Maka dari itu warna merah dipakai untuk store-store makanan seperti KFC dan Mac Donald. Merah + putih : memiliki arti Bahagia (dalam budaya oriental)
- Biru memiliki arti sebuah kepercayaan, konservatif, keamanan, teknology, kebersihan, damai, keteraturan, menyejukan, spiritual dan kesabaran. Di Amerika, warna biru sering digunakan sebagai warna pada logo bankuntuk memberikan kesan tenang, kepercayaan, ilmu dan wawasan. Warna biru sangan baik untuk menumbuhkan loyalitas konsumen.
- Kuning memiliki arti optimis, harapan, ketidak jujuran, pengecut (untuk budaya barat), pengkhianatan.
- Orange memiliki arti energi, keseimbangan, dan kehangatan. Warna ini menimbulkan efek sebuah kesan bahwa produk yang berwarna orange merupakan produk yang tidak mahal.
- Ungu memiliki arti spiritual, misteri, romantis, mandiri, keangkuhan, dan agung.
- Abu-abu memiliki arti intelek, masa depan (kaya warna milenium, dan kesederhanaan.
- Hijau memiliki arti alam, sehat, keberuntungan, optimisme, keseimbangan, dan kebebasan. Warna hiaju tidak terlalu sukses untuk ukuran global, karena dicina dan perancis warna hijau tidak begitu mendapatkan sambutan atau respon yang baik.
- Hitam memiliki arti ketakutan, power,, kecanggihan, kematian dan kesedihan.
- Coklat meiliki arti tanah atau bumi, daya tahan, comfort, kestabilan dan keanggunan. Di Amerika, kemasan produk sering memakai warni ini dan sukses mendapat respon dan sambutan yang baik namun di Kolumbia warna coklat tidak berhasil mendapatkan respon atau sambutan.
0 komentar